Keluaran 20:21
20:21 Adapun bangsa itu berdiri jauh-jauh, tetapi Musa pergi mendekati embun
yang kelam di mana Allah ada.
Keluaran 24:15-18
24:15 Maka Musa mendaki gunung dan awan
itu menutupinya.
24:16 Kemuliaan
TUHAN
1 diam di atas gunung Sinai,
dan awan itu menutupinya enam hari lamanya; pada hari ketujuh dipanggil-Nyalah Musa dari tengah-tengah awan
itu.
24:17 Tampaknya kemuliaan TUHAN sebagai api
yang menghanguskan di puncak gunung itu pada pemandangan orang Israel.
24:18 Masuklah Musa ke tengah-tengah awan itu dengan mendaki gunung itu. Lalu tinggallah ia di atas gunung itu empat puluh hari
dan empat puluh malam
lamanya.
Imamat 16:2
16:2 Firman TUHAN kepadanya: "Katakanlah kepada Harun, kakakmu, supaya ia jangan sembarang waktu
masuk ke dalam tempat kudus
di belakang tabir,
ke depan tutup pendamaian
yang di atas tabut supaya jangan ia mati; karena Aku menampakkan diri
dalam awan
di atas tutup pendamaian.
Ulangan 4:11
4:11 Lalu kamu mendekat dan berdiri di kaki gunung
itu, sedang gunung itu menyala
sampai ke pusar langit dalam gelap gulita, awan dan kegelapan.
Ulangan 4:1
Musa menasihati bangsa itu memelihara hukum Allah
4:1 "Maka sekarang, hai orang Israel, dengarlah ketetapan
dan peraturan yang kuajarkan
kepadamu untuk dilakukan, supaya kamu hidup
2 dan memasuki serta menduduki negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu.
Kisah Para Rasul 8:12-21
8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah
dan tentang nama Yesus Kristus
3 , dan mereka memberi diri mereka dibaptis,
baik laki-laki maupun perempuan.
8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat
besar yang terjadi.
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria
telah menerima firman Allah,
mereka mengutus Petrus dan Yohanes
ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka
4 ,
karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka,
lalu mereka menerima Roh Kudus
5 .
8:18 Ketika Simon melihat
6 , bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus."
8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.
8:21 Tidak ada bagian atau hakmu
dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus
7 di hadapan Allah.
Mazmur 18:8-11
18:8 (18-9) Asap membubung dari hidung-Nya,
api
menjilat keluar dari mulut-Nya, bara
menyala keluar dari pada-Nya.
18:9 (18-10) Ia menekukkan langit, lalu turun,
kekelaman
ada di bawah kaki-Nya.
18:10 (18-11) Ia mengendarai kerub,
lalu terbang dan melayang
di atas sayap angin.
18:11 (18-12) Ia membuat kegelapan di sekeliling-Nya menjadi persembunyian-Nya,
ya, menjadi pondok-Nya:
air hujan yang gelap, awan yang tebal.
Mazmur 97:2
97:2 Awan
dan kekelaman
ada sekeliling Dia, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.
Nahum 1:3
1:3 TUHAN itu panjang sabar
8 dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman
orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung
dan badai,
dan awan
adalah debu kaki-Nya.
Ibrani 12:18
Tanggung jawab yang berat
12:18 Sebab kamu tidak datang kepada gunung yang dapat disentuh
9 dan api yang menyala-nyala, kepada kekelaman, kegelapan dan angin badai,
1 Full Life: KEMULIAAN TUHAN.
Nas : Kel 24:16-17
Kemuliaan Tuhan dinyatakan melalui suatu manifestasi terang
cemerlang yang memancar dari diri Allah
(lihat cat. --> Kel 40:34;
[atau ref. Kel 40:34]
bd. 1Tim 6:16).
2 Full Life: UNTUK DILAKUKAN, SUPAYA KAMU HIDUP.
Nas : Ul 4:1
Hidup, berkat, dan mewarisi tanah Kanaan tergantung pada hubungan
Israel dengan Allah (ayat Ul 4:1,6,15-26,40). Janji-janji Allah
terkait, bagi setiap angkatan, dengan berpegang teguh kepada Tuhan (ayat
Ul 4:4), menghormati Dia (ayat Ul 4:10), mengajar anak-anak kita
jalan-jalan Tuhan (ayat Ul 4:9-10), dan mencari Dia dengan segenap hati
dan jiwa kita (ayat Ul 4:29) dalam iman dan kasih yang sejati
(Ul 5:29; 6:5;
lihat cat. --> Ul 5:29;
lihat cat. --> Ul 6:5;
lihat cat. --> Yoh 14:21;
lihat cat. --> Rom 1:5;
lihat cat. --> Gal 5:6;
[atau ref. Yoh 14:21; Rom 1:5; Gal 5:6; Ul 5:29-6:6]
bd. Hab 2:4; Am 5:4).
3 Full Life: MEREKA PERCAYA ... NAMA YESUS KRISTUS.
Nas : Kis 8:12
Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan
sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mereka.
- 1) Mereka "percaya" dan "dibaptiskan". Dua fakta membuktikan dengan
jelas bahwa iman orang Samaria adalah iman sejati yang menyelamatkan.
- (a) Baik Filipus (ayat Kis 8:12) maupun para rasul (ayat
Kis 8:14) menilai iman mereka sah.
- (b) Di depan umum orang Samaria itu menyerahkan diri kepada Kristus
dengan dibaptis dalam air. Alkitab menyatakan bahwa "siapa yang
percaya dan dibaptis akan diselamatkan" (Mr 16:16).
Demikianlah, mereka lahir baru dan didiami oleh Roh Kudus
(Rom 8:9).
- 2) Roh Kudus yang mereka terima beberapa hari kemudian (ayat
Kis 8:17) bukan untuk keselamatan. Sebaliknya, penerimaan Roh itu
seperti yang dialami oleh para rasul pada hari Pentakosta, yaitu untuk
memperlengkapi mereka dengan kuasa untuk pelayanan dan bersaksi
(Kis 1:8; 2:4). Lukas memakai istilah "menerima Roh Kudus" terutama
dalam arti memberi kuasa (Kis 1:8; 2:38; 8:17; 10:47; 19:2), dan
bukan dalam arti kelahiran baru atau pembaharuan
(lihat art. PEMBAHARUAN;
lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
- 3) Ada orang yang mengajar bahwa iman orang Samaria bukanlah iman yang
menyelamatkan dan membaharui. Akan tetapi, tidak masuk akal untuk
percaya bahwa Filipus, yang penuh dengan Roh Kudus dan hikmat
(Kis 6:3-5), akan membaptiskan, menyembuhkan, serta mengusir
setan-setan dari orang-orang yang imannya tidak sungguh-sungguh.
4 Full Life: BELUM TURUN DI ATAS SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA.
Nas : Kis 8:16
Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan
cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Pentakosta
(Kis 2:4). Dia belum datang atas mereka sebagaimana dijanjikan Bapa
(Kis 1:4) dan seperti dinubuatkan Kristus "kamu akan dibaptis dengan
Roh Kudus" (Kis 1:5). Rupanya mereka belum menunjukkan tanda-tanda
rohani yang diharapkan, khususnya ucapan ilahi yang diilhami
(lihat cat. --> Kis 8:5-24;
lihat cat. --> Kis 8:18).
[atau ref. Kis 8:5-24; 8:18]
5 Full Life: MEREKA MENERIMA ROH KUDUS.
Nas : Kis 8:17
Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus
dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari
Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).
"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan
kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua
tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman
Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam
Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus
Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan
tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak
perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal
Kis 10:1-48).
6 Full Life: KETIKA SIMON MELIHAT.
Nas : Kis 8:18
Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan
lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Simon. Masuk
akal untuk menyimpulkan bahwa penyataan yang dilihat adalah sama seperti
yang terjadi setelah Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, yaitu,
berkata-kata dengan bahasa roh (lih. Kis 2:4; 10:45-46; 19:6;
lihat cat. --> Kis 11:15;
lihat cat. --> Kis 19:6; dan
[atau ref. Kis 11:15; Kis 19:6]
lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
Penyataan ini memberikan para rasul dan orang di Samaria tanda-tanda yang
mengesahkan bahwa Roh Kudus telah turun atas orang percaya baru ini.
7 Full Life: HATIMU TIDAK LURUS.
Nas : Kis 8:21
Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya
dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus.
- 1) Simon yang mencari kuasa dan karunia dari Roh Kudus ini dan juga
kuasa untuk memberikannya (ayat Kis 8:19) ditolak Allah karena
hatinya tidak lurus di hadapan Allah; Simon masih jahat dan "terjerat
dalam kejahatan" (ayat Kis 8:22-23). Karunia Roh Kudus yang sejati
hanya akan dicurahkan atas mereka yang "takut akan Dia dan yang
mengamalkan yang benar" (Kis 10:35; bd. Kis 10:44-48; juga lih.
Kis 5:32).
- 2) Sebelum dan sesudah hari Pentakosta, para pengikut Kristus
mengabdikan diri kepada Tuhan yang sudah bangkit (Kis 1:2-14; 2:32)
dan bertekun dalam doa (Kis 1:14; 6:4). Mereka menjalankan kehidupan
yang terpisah dari dosa dan dunia (Kis 2:38-40) serta menaati ajaran
para rasul (Kis 2:42; 6:4). Pencurahan yang diulangi atau yang baru
oleh Roh Kudus diberikan hanya kepada orang percaya yang telah berbalik
dari dosa dan cara hidup yang jahat kepada kehidupan yang taat kepada
Kristus (bd. Kis 2:42; 3:1,19,22-26; 4:8,19-35; 5:29-32; 6:4;
Kis 8:14-21; Kis 9:1-19; 10:34-47; 19:1-6; 24:16). Hidup dalam Roh
dan dipimpin oleh Roh selalu menjadi syarat untuk dipenuhi dengan Roh
(lih. Gal 5:16-25; Ef 5:18).
- 3) Sesuatu pengalaman adikodrati yang dikira baptisan dalam Roh yang
terjadi pada seseorang yang masih melanjutkan cara hidup tabiat berdosa
bukanlah dari Kristus (bd. 1Yoh 4:1-6). Hal itu merupakan baptisan
yang "palsu" dan dapat disertai tanda-tanda dan kuasa-kuasa kegelapan
(Mat 7:21-23; 2Tes 2:7-10;
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
8 Full Life: TUHAN ITU PANJANG SABAR.
Nas : Nah 1:3
Allah ingin memberikan kesempatan pada orang berdosa untuk bertobat
(2Pet 3:9), tetapi kemurahan dan kesabaran-Nya itu ada batasnya; orang
yang terus saja berbuat kejahatan akhirnya akan mengalami murka-Nya (bd.
Rom 11:22).
9 Full Life: GUNUNG YANG DAPAT DISENTUH.
Nas : Ibr 12:18-25
Situasi mengagumkan yang terjadi pada saat pemberian hukum Taurat
(bd. Kel 19:10-25; Ul 4:11-12; 5:22-26) dan keistimewaan-keistimewaan
Injil diperlihatkan. Akibat-akibat meninggalkan Injil jauh lebih mengerikan
daripada akibat-akibat menolak hukum Taurat.